BERITA UTAMA

BPK Dipercaya Menjadi Rujukan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan dan Audit bagi SAI Thailand

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menerima kunjungan delegasi lembaga pemeriksa (Supreme Audit Institution-SAI) Thailand atau the State Audit Office of The Kingdom of Thailand (SAO Thailand) di kantor pusat BPK dan Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK, Jakarta, Selasa-Kamis (29 s.d 31 Agustus 2023). Kunjungan delegasi SAO Thailand ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi dan kelembagaan.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan courtesy meeting di kantor pusat BPK, Selasa (29/8). Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPK Isma Yatun didampingi Wakil Ketua BPK Hendra Susanto, Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif, Kepala Badan Diklat PKN Suwarni Dyah Setyaningsih, serta pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lainnya.

Sedangkan delegasi SAO Thailand yang berjumlah 39 orang, dipimpin oleh Komisioner SAO Thailand Orapin Phonsuwan Sabyeroop, didampingi Deputy Auditor General Klednatee Manosan, dan Director of International Affairs Office Sutthi Suntharanurak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPK menyambut seluruh delegasi SAO Thailand dan mengapresiasi kepercayaan SAO Thailand kepada BPK sebagai mitra dalam pengembangan kapasitas pemeriksaan dan kelembagaan.

"Sebagai sahabat, BPK menyambut baik permintaan SAO Thailand untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman pemeriksaan pasca Covid-19, fungsi foresight, transformasi digital serta pengembangan badan pendidikan dan pelatihan," ujar Ketua BPK.

Sebagai tindak lanjut dari kunjungan ini, akan dilaksanakan diskusi konsep kerja sama pada area yang disepakati yaitu cooperative audit, workshop tentang pemeriksaan di masa yang akan datang, serta pengembangan Badiklat. Lebih lanjut akan dilaksanakan pula penandatanganan memorandum of understanding (MoU) sebagai landasan kerja sama.

Sementara itu, Komisioner SAO Thailand menyampaikan terima kasih atas dukungan BPK dalam pengembangan kapasitas SAO Thailand, terutama dalam pengembangan badan pendidikan dan pelatihan. Ia juga mengharapkan, BPK dapat meningkatkan kerja sama bilateral pada berbagai topik yang saat ini menjadi prioritas SAO Thailand.

SAO Thailand melakukan kunjungan ini dalam dua kegiatan, yaitu study visit dan cooperative visit ke kantor pusat BPK dan Badiklat PKN BPK. Cooperative visit dilaksanakan oleh tujuh orang yang dipimpin Komisioner SAO Thailand, dengan misi mempelajari pengembangan pusat pelatihan dan pendidikan dan mendiskusikan kerja sama dengan BPK di masa yang akan datang.

Selanjutnya, study visit beranggotakan 32 orang yang sebagian besar merupakan direktur baru pada berbagai unit kerja di SAO Thailand. Dipimpin oleh Deputy Auditor General SAO Thailand, kunjungan ini dilakukan dengan misi peningkatan kapasitas dalam berbagai topik yang relevan.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, Komisioner SAO Thailand juga berkesempatan menyampaikan presentasi dengan judul "Introduction Public Sector Audit and Fiscal and Financial Discipline in Thailand" kepada para peserta rapat kerja pelaksana BPK tahun 2023.

Materi yang disampaikan adalah prinsip-prinsip dalam peraturan keuangan negara, fungsi dan wewenang komisi audit negara dalam kaitannya dengan fiskal dan disiplin keuangan di Thailand, dan upaya SAO Thailand dalam mengimplementasikan INTOSAI-P 12 dan INTOSAI-P 50.

Selanjutnya pada kegiatan study visit yang diselenggarakan di Badiklat PKN BPK, dengan mengusung topik local government, strategy resiliance (foresight), dan big data/IT, kedua SAI melakukan sharing session mengenai adaptasi menghadapi kondisi setelah pandemi (next normal). Dalam kegiatan ini turut hadir peserta dari BPK berasal dari berbagai unit kerja.

Bagikan konten ini: