BERITA UTAMA

BPK dipercaya menjadi Subject Matter Expert dalam Executive Development Program SAO Thailand

JAKARTA, Humas BPK - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna memberikan sambutan dalam pembukaan Executive Development Program Class 10 yang dilaksanakan State Audit Office of The Kingdom of Thailand (SAO Thailand). Sebelumnya, Auditor General SAO Thailand, Prajuck Boonyoung membuka acara secara resmi. Executive Development Program merupakan program pengembangan kompetensi untuk pejabat pada SAO Thailand. Untuk Class 10 ini, program diikuti oleh kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari para Direktur SAO Thailand dan akan berlangsung selama dua hari, 2-3 Agustus 2021 secara virtual melalui aplikasi zoom.

Dalam acara dengan format training ini, BPK dipercaya menjadi Subject Matter Expert (SME) untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam topik Audit for the Future yang berisi beberapa sub topik pembahasan yaitu penggunaan teknologi dan Big Data Analysis untuk mendukung pemeriksaan; Audit of Covid 19 response; best practice pemeriksaan atas Sustainable Development Goals (SDGs); dan Foresight to the post-pandemic.

Dalam sambutannya Ketua BPK menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan acara ini dan berterimakasih kepada SAO Thailand atas kepercayaannya kepada BPK sebagai patner dan Subject Matter Expert untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi isu aktual dan tantangan global, khususnya dalam situasi pandemi Covid-19 dan era VUCA - Volatility, Uncertaninty, Complexity dan Ambiguity.

Dalam situasi sulit dan menantang ini, SAI dituntut tetap menjalankan mandatnya dengan baik dan menghasilkan laporan pemeriksaan berkualitas dan memenuhi harapan publik. Oleh karena itu, BPK menggunakan berbagai strategi dalam pemeriksaan untuk memastikan kualitas hasil pemeriksaannya, di antaranya transformasi digital dan penggunaan Big data Analytics, menyusun dan melaksanakan strategi pemeriksaan respon pemerintah atas pandemi Covid-19 dan memastikan tercapainya agenda 2030.

BPK juga menawarkan skenario untuk Pemerintahan yang tangguh. Oleh karena itu, Ketua BPK juga mengajak SAI lain untuk juga melakukan hal yang sama demi terciptanya ketangguhan dalam masa pendemi Covid-19. Ketua BPK mengharapkan training ini akan memberikan ide-ide segar dan pelajaran dari pengalaman kedua SAI yang dapat diimplementasikan di masa mendatang, serta memberikan kontribusi untuk ASEANSAI, ASOSAI, dan INTOSAI.

Sementara itu, dalam sambutannya Prajuck Boonyoung menyampaikan terima kasih kepada BPK yang bersedia membagi pengetahuan dan pengalamannya dalam topik-topik yang akan didiskusikan. SAI Thailand saat ini juga sedang menghadapi berbagai perubahan dalam penyelenggaraan pemeriksaan, baik perubahan pola kerja maupun metodologi karena dampak pandemi Covid-19. Selain itu, SAI Thailand juga sedang mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan di masa mendatang dan berharap mendapatkan masukan serta insight dari pengalaman BPK untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelaksana di SAO Thailand.

Selanjutnya Auditor General mengharapkan kegiatan ini akan mempererat hubungan kedua institusi di masa yang akan datang serta meningkatkan kontribusi kedua SAI dalam mendorong akuntabilitas pengelolaan keuangan publik.

Selain dihadiri oleh Ketua BPK dan Auditor General SAO Thailand, hadir dalam kegiatan ini dari SAO Thailand adalah Para Deputy Auditor General, para Inspektur Jenderal, dan State Audit Advisor SAO Thailand. Sedangkan dari BPK hadir Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional BPK, Selvia Vivi Devianti dan para Subyek Matter Expert dari Ditama Revbang, AKN III, AKN IV, AKN VI dan Biro Teknologi Informasi serta tim Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional.

Bagikan konten ini: