BERITA UTAMA

BPK Gelar Seminar Nasional Akuntabilitas untuk Semua di IPDN Jakarta

JAKARTA, Humas BPK - Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V, Bahrullah Akbar hadir sebagai pembicara utama pada Seminar Nasional Akuntabilitas untuk Semua, di Aula Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Jakarta, pada Rabu (2/12/2020). Seminar yang dilaksanakan secara fisik dan virtual tersebut mengangkat tema "Peran BPK dan DPD dalam Mendorong Akuntabilitas Pemerintahan Daerah".

Bahrullah Akbar mengatakan, BPK mempunyai tugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara/Daerah, dan lembaga/badan lain yang mengelola keuangan negara. Untuk menjalankan tugas tersebut, BPK melakukan tiga jenis pemeriksaan, yaitu pemeriksaan laporan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

"Tidak ada satu rupiah pun atas nama negara yang terlepas dari pemeriksaan BPK, termasuk juga penerimaan dari denda (pelanggaran protokol kesehatan) Covid-19," ungkap Bahrullah di hadapan Praja Utama IPDN dan civitas akademika IPDN yang hadir baik secara fisik dan virtual.

Mengenai pemeriksaan penanganan pandemi Covid-19, Bahrullah menjelaskan, bahwa BPK melaksanakan audit universe. Audit universe atau pemeriksaan menyeluruh dilaksanakan dengan pendekatan pemeriksaan komprehensif, yaitu dengan menggabungkan ketiga jenis pemeriksaan.

"Disebut audit universe, karena biaya untuk menangani pandemi terdiri dari berbagai sumber, yaitu APBN, APBD, kemudian dari LPS, Bank Indonesia, BUMN/D, dan dari masyarakat. Jadi, begitu besar uang yang turun (universal) dan BPK memeriksa pengelolaan dan tanggung jawabnya," jelasnya.

Tak hanya mengenai pemeriksaan penanganan Pandemi Covid-19, dalam seminar ini Anggota BPK juga menyampaikan mengenai kedudukan BPK di dalam struktur organisasi pemerintahan, tugas, fungsi dan kewenangan yang dimiliki, serta Visi dan Misi BPK.

Selain Anggota BPK, seminar itu juga menghadirkan narasumber lainnya, yakni Ketua Komite III Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD), Sylviana Murni yang memaparkan mengenai Peran DPD dalam Mendorong Akuntabilitas Pemerintahan Daerah.

Seminar yang diselenggarakan dalam bentuk ceramah dan diskusi secara online ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada Praja IPDN mengenai pentingnya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara/daerah. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjalin dialog yang positif antara BPK dan masyarakat, untuk bersama-sama mendorong mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan.

Turut hadir dalam seminar ini di antaranya Auditor Utama Keuangan Negara V BPK Akhsanul Khaq, Wakil Rektor IPDN Bidang Kerja Sama, Khasan Effendy, dan para pejabat Pimpinan Tinggi Madya BPK yang mengikuti secara virtual, serta jajaran di lingkungan IPDN Jakarta.

Bagikan konten ini: