BERITA UTAMA

BPK Pimpin Pelaksanaan the 6th ASEANSAI Senior Officials’ Meeting

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam kapasitasnya sebagai Sekretariat Organisasi Lembaga Pemeriksa Negara Anggota ASEAN atau ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI) memfasilitasi dan menghadiri the 6th ASEANSAI Senior Officials' Meeting yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 28 dan 29 Juli 2021. Pertemuan ini membahas isu-isu strategis seputar keberlangsungan dan tata kelola ASEANSAI.

Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, memimpin pertemuan sebagai Kepala Sekretariat ASEANSAI. Bahtiar Arif menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi seperti yang berlangsung saat ini, ASEANSAI perlu beradaptasi dan tetap berkomitmen dalam memfasilitasi anggotanya untuk tetap meningkatkan kapasitas secara kelembagaan maupun secara institusional.

Dukungan dari para anggota dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan ASEANSAI. Lebih lanjut Bahtiar Arif juga berharap agar pertemuan ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan konstruktif yang dapat membawa ASEANSAI ke level pendewasaan sebagai organisasi.

Kegiatan SOM diawali dengan rapat persiapan (27/7), dilanjutkan dengan SOM (28-29/7), dan Pre-handover ASEANSAI Chairmanship (29/7 sore). Sekitar 67 peserta dari 10 anggota ASEANSAI menghadiri pertemuan yang masing-masing dipimpin oleh Pejabat Senior SAI.

Dalam SOM, BPK juga turut mempresentasikan hasil dari analisis studi ASEANSAI Task Force on Legal Capacity (TFALC), proposed agenda the 6th ASEANSAI Summit, financial statement ASEANSAI, dan proposed budget untuk kegiatan 2022-2023.

Sebagai tindak lanjut pertemuan, disepakati bahwa:

  1. Revisi Aturan dan Prosedur (ASEANSAI Rules and Procedures), Rencana Strategis (Strategic Plan 2022-2025), TOR Knowledge Sharing Committee, dan Committees' Work Plan akan disesuaikan berdasarkan masukan peserta SOM dan akan disirkulasi ke seluruh anggota dua minggu setelah SOM;
  2. ASEANSAI telah memiliki kapasitas legal, sehingga tidak perlu mengamandemen ASEANSAI Agreement;
  3. The 6th ASEANSAI Summit akan diselenggarakan secara virtual pada tanggal 2 November 2021 dengan Sekretariat bersama Executive Committee bekerjasama dalam persiapan penyelenggaraan kegiatan ini; dan
  4. Kesepakatan peserta atas penunjukan ASEANSAI Committees 2022-2023, proposed budget untuk kegiatan ASEANSAI 2022-2023, serta penunjukan Auditor ASEANSAI untuk financial statement 2020-2021 akan dibawa ke the 6th Summit untuk memperoleh persetujuan Assembly.

Selain dihadiri oleh Sekretaris Jenderal BPK, pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari satuan kerja di lingkungan BPK di antaranya Auditorat Utama Investigasi, Direktorat Utama (Ditama) Binbangkum, Ditama Revbang, serta Tim Sekretariat dari Biro Humas dan Kerja Sama Internasional.

Bagikan konten ini: