BERITA UTAMA

Kepala Perwakilan Baru harus Mampu Menjalankan Perannya dalam Menjaga Pengelolaan Keuangan Negara

MAKASSAR, Humas BPK - Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI, Pius Lustrilanang, menyaksikan prosesi serah terima jabatan (sertijab) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, dari Paula Henry Simatupang kepada Amin Adab Bangun, di kantor BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (14/9).

Dalam sambutannya, Anggota VI BPK berpesan kepada Kepala Perwakilan yang baru agar mampu memperkokoh keberadaan BPK di Provinsi Sulawesi Selatan, dan memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara.

"BPK Perwakilan sebagai pelaksana BPK atas tugas pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, khususnya pemeriksaan atas Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), harus mampu menjalankan perannya dalam menjaga dan memastikan pengelolaan keuangan berjalan secara transparan dan akuntabel," ungkap Anggota VI BPK.

Lebih lanjut, Anggota VI BPK menjelaskan bahwa BPK terus berupaya untuk meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan nasional melalui pemeriksaan keuangan negara, sehingga hasil pemeriksaan BPK dapat dirasakan manfaatnya oleh para pengguna sebagai referensi dalam proses pengambil keputusan dan kebijakan.

"BPK terus meningkatkan efektivitas sistem pengendalian mutu (quality control), maupun peningkatan efektivitas pemerolehan keyakinan mutu (quality assurance) pada tingkat pemeriksaan maupun lembaga, sehingga dapat memperoleh hasil pemeriksaan yang berkualitas," ujarnya.

Selain itu, Anggota VI BPK mengatakan bahwa dalam rangka untuk memberikan keyakinan yang memadai atas kinerja pengelolaan keuangan, BPK terus berkomitmen untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pemeriksaan kinerja. Menurutnya, dengan pemeriksaan kinerja, BPK dapat menilai 3 aspek yang dijalankan pemerintah daerah (pemda).

"Dengan pemeriksaan kinerja, BPK dapat mendorong pemeriksaan aspek ekonomi, efisiensi, dan efektivitas pelaksanaan program dan kegiatan pemda dengan menghasilkan rekomendasi yang tepat dan berkualitas, sehingga dapat mendorong peningkatan tata kelola program dan kegiatan pemda yang semakin bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat, khususnya di Sulawesi Selatan," kata Anggota VI BPK.

Oleh karena itu, Anggota VI BPK berharap para pemangku kepentingan BPK di Provinsi Sulawesi Selatan tetap menjaga komunikasi dan kerjasama yang telah berlangsung secara baik.

"Komunikasi dan kerjasama yang telah berlangsung secara baik, agar terus ditingkatkan dan dipelihara, sehingga ke depannya dapat saling mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing," harapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika Sari, para Bupati/Walikota se-Provinsi Sulawesi Selatan, para Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, Forkopimda, para pimpinan instansti vertikal dan seluruh mitra kerja BPK di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan serta para pejabat struktural dan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Bagikan konten ini: