BERITA UTAMA

Lanjutkan Kepemimpinan BPK di SAI20, SAI India Undang BPK Hadiri Senior Official Meeting

INDIA, Humas BPK - Melanjutkan kesuksesan kepemimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada SAI20 Tahun 2022, lembaga pemeriksa keuangan atau Supreme Audit Institutions (SAI) India sebagai Chair SAI 20 di bawah Presidensi G20 India Tahun 2023 menyelenggarakan Senior Official Meeting (SOM) SAI20 di Kota Guwahati, Assam-India, Senin-Rabu (13-15 Maret).

Delegasi BPK yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, dan didampingi Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK, R. Yudi Ramdan Budiman, hadir di kegiatan ini bersama enam SAI anggota SAI20, yaitu SAI Australia, Brazil, Rusia, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Turki. Turut hadir pula dalam pertemuan ini SAI Mesir, Oman, Uni Emirat Arab, dan perwakilan dari World Bank. Dalam penyelenggaraan tahun ini, SAI India mengambil tema pembahasan terkait Blue Economy dan Responsible Artificial.

Pada hari pertama SOM, delegasi memberikan pandangan dan pengalamannya mengenai penerapan pemeriksaan terkait Blue Economy dan Responsible AI. Pada hari kedua, diagendakan pembahasan draf komunike yang akan disahkan di SAI20 Summit pada Juni 2023 di Goa, India.

Pertemuan dibuka oleh the Comptroller and Auditor General (CAG) of India, Shri Girish Chandra Murmu, yang menyampaikan bahwa CAG India telah menyelesaikan pemeriksaan kinerja atas konservasi ekosistem pesisir yang berperan penting dalam mengevaluasi upaya-upaya dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan mekanismenya menuju pencapaian target SDG 14 - Life below water. Engagement Group SAI20 ini penting dalam mendorong kerja sama antar SAI dalam menciptakan kebijakan dan panduan yang dapat diterapkan di masa mendatang.

Bagikan konten ini: