BERITA UTAMA

Pelaksana BPK Harus Optimalkan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono mengajak seluruh pelaksana di lingkungan BPK, khususnya pemeriksa untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi (TI) agar membantu kecepatan dan ketepatan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua BPK saat menutup Rapat Kerja (Raker) Pelaksana BPK Tahun 2020, di Jakarta, Selasa (8/12).

Agus Joko mengatakan, sebagai institusi yang secara intensif menggunakan data dan informasi dalam pemeriksaan keuangan negara, BPK telah merumuskan peta jalan penerapan teknologi digital dan big data menuju Pusat Analisis Data Pemeriksaan Keuangan Negara.

Menurutnya, selain berpotensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas analisis data yang begitu besar, beragam, dan selalu bergerak selama pemeriksaan, pemanfaatan teknologi sekaligus dapat menghilangkan sekat-sekat silo antar satuan kerja (satker).

"Saya meminta semua tim pemeriksa dan tim pengkaji dalam kelompok kerja (pokja) pemeriksaan Covid-19 untuk segera menyelesaikan input data agar kita mulai dapat mengkapitalisasi investasi dalam teknologi big data analytics. Ini sekaligus akan menjadi model dan replika untuk pemeriksaan tematik dan pemeriksaan signifikan ke depan," tegas Wakil Ketua BPK.

Selain mengoptimalkan pemanfaatan TI, Wakil Ketua juga menegaskan kepada para peserta Raker agar dapat menyikapi dan menindaklanjuti hasil Raker, sehingga hasil Raker dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna.

"Saya minta Ditama Revbang untuk memonitor hasil Raker dan saya sangat mengharapkan agar hasil Raker ini, termasuk arahan-arahan dari Badan dapat ditindaklanjuti dengan baik oleh seluruh pelaksana BPK," ujarnya.

Raker Pelaksana BPK Tahun 2020 ini mengusung tema "Menjadi BPK yang Tangguh dan Tepercaya dalam Menghadapi Tantangan Baru". Raker yang dilaksanakan secara fisik terbatas dan virtual ini berlangsung selama dua hari (7 - 8 Desember 2020).

Hadir pada Raker ini di antaranya Anggota I BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Hendra Susanto, Anggota III BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III Achsanul Qosasi, Anggota IV BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV Isma Yatun, dan Anggota V BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V Bahrullah Akbar, serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPK.

Bagikan konten ini: