BERITA UTAMA

Pererat Kerja Sama, Ketua BPK Lakukan High-Level Meeting dengan BAI Korea

SEOUL, Humas BPK - Pererat kerja sama bilateral antara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Board of Audit Inspection (BAI) Korea, Ketua BPK, Isma Yatun, melakukan pertemuan dengan Ketua BAI Korea, Jaehae CHOE, di Kantor BAI Korea, di Seoul, Jumat (3/3).

Pertemuan tersebut merupakan salah satu implementasi dari kerja sama bilateral antara kedua lembaga pemeriksa atau Supreme Audit Institution (SAI).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas action plan kerja sama bilateral ke depan. Action plan tersebut mencakup rencana kedua institusi untuk saling mengirimkan pemeriksa dalam rangka mengikuti secondment di masing-masing SAI.

Topik secondment yang ditawarkan untuk pegawai BPK meliputi pemeriksaan pada organisasi internasional, penelitian metodologi dan kasus audit di BAI Research Institute, pelatihan pengembangan kapasitas pemeriksaan internasional dan kasus audit di BAI Research Institute, pelatihan pengembangan kapasitas pemeriksaan internasional di Audit and Inspection Training Insititute (AITI) dan pelatihan mengenai BARON (BAI Audit Data Analysis Systems) dan metodologi teknologi informasi (IT) lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua BPK menyampaikan pengalaman BPK menjadi auditor eksternal Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agenc (IAEA) dan Organisasi Maritim Internasional atau International Maritime Organization (IMO). Dengan pengalaman tersebut, BPK menyambut baik permintaan BAI Korea untuk melaksanakan secondment di BPK dalam pemeriksaan organisasi internasional.

Lebih lanjut, menyikapi inisiatif untuk membentuk MIKTA SAI (MIKTA adalah forum konsultatif antar 5 negara: Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia), di mana posisi Indonesia sebagai Ketua MIKTA di tahun 2023, BPK juga menyambut baik usulan BAI Korea untuk melakukan pertemuan MIKTA SAI di sela-sela SAI20 Senior Officers Meeting (SOM) pada Maret 2023 di Goa, India.

Pertemuan Ketua BPK dengan Ketua BAI Korea ditutup dengan kunjungan ke kantor AITI untuk membahas kemungkinan kerja sama terkait pendidikan dan pelatihan.

Bagikan konten ini: