BERITA UTAMA

Supervisi Pemeriksaan Kinerja IMO, Wakil Ketua BPK Hadiri Courtesy Meeting dengan Sekretaris Jenderal IMO

LONDON, Humas BPK - Wakil Ketua BPK Hendra Susanto melakukan courtesy meeting dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Maritim Internasional (International Maritime Oganization atau IMO) Arsenio Dominguez di kantor pusat IMO London, Inggris, Rabu (6/3). Pertemuan ini merupakan bagian dari kegiatan supervisi pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kinerja atas IMO tahun 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal IMO didampingi oleh Director of Administrative Division Azarah Prempeh, Director of Technical Cooperation and Implementation Division Jose Matheickal, Chief of Central Support Services Annabelle Viajaar, dan Head of Financial and Budget Services Andrew Richardson. Hadir pula dalam pertemuan tersebut, tim pemeriksa kinerja atas IMO yaitu Pitriyanti, Budi Setiawan dan Rakhmat L. Mosii.

Supervisi pemeriksaan dilakukan atas pemeriksaan kinerja dengan area kunci pemeriksaan adalah manajemen proyek jangka panjang di IMO. Adapun tujuan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas praktik manajemen proyek jangka panjang, dengan penekanan khusus pada proses perencanaan dan pemantauan, guna memastikan kualitas layanan yang diberikan kepada Negara Anggota IMO.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua menyampaikan poin pembahasan, antara lain apresiasi kepada pihak manajemen yang telah menindaklanjuti sebagian besar rekomendasi hasil pemeriksaan sebelumnya, feedback atas dampak pemeriksaan kinerja yang dilakukan, topik dan cakupan pemeriksaan kinerja tahun ini, serta keterlibatan negara anggota untuk memperkuat stakeholder engagement.

Sekretaris Jenderal IMO mengapresiasi pemeriksaan yang dilakukan dan meyakini bahwa rekomendasi pemeriksaan kinerja dapat memberikan dampak positif pada perbaikan tata kelola organisasi di IMO, khususnya pada manajemen proyek jangka panjang di IMO. Selain itu, ia juga turut mengapresiasi komunikasi yang terjalin antara tim pemeriksa dan manajemen IMO, khususnya dengan Technical Cooperation and Implementation Division, selaku focal point utama dalam pemeriksaan kinerja IMO tahun ini.

Kedatangan Wakil Ketua BPK yang turut didampingi oleh Kepala Bidang Sertifikasi dan Akreditasi Badiklat PKN Hediana Makmur, serta Kepala Pusat Kemitraan Global BPK Ikhtaria Syaziah ini merupakan pertemuan pertama kali semenjak Sekretaris Jenderal IMO terpilih, Arsenio Dominguez, secara resmi menjabat sejak 1 Januari 2024.

Bagikan konten ini: