BERITA UTAMA

Supreme Audit Institution (SAI) 20

Pandemi COVID-19 telah memberikan tekanan ekonomi, fiskal, dan sosial ke semua Negara di dunia. Hal ini mengharuskan semua negara untuk bertindak dalam mengatasi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Sejumlah besar dana publik digunakan oleh pemerintah masing-masing negara untuk menangani krisis ini melalui berbagai inisiatif di tingkat nasional, regional, dan global.

G20 memiliki komitmen yang kuat untuk mengatasi tantangan global yang paling mendesak saat ini, dan menyatukan upaya bersama demi recovery yang lebih baik dari krisis COVID-19 untuk kemudian mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif di negara-negara di seluruh dunia.

Supreme Audit Institutions (SAI) memiliki pengaruh substansial dalam men-develop tahapan yang efektif dalam merespons berbagai hal demi terciptanya pemerintahan yang lebih gesit dan andal, terwujudnya pembangunan yang demokratis, dan tumbuhnya kepercayaan masyarakat. Hal ini sejalan dengan tujuan global SAI yaitu memainkan peran kunci strategis demi kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Dalam konteks ini, SAI masing-masing negara perlu mengambil peran sebagai mitra pemerintah negara G20 dalam memastikan dan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas lembaga sektor publik serta efektivitas program dan kebijakan masing-masing negara.

Bagikan konten ini: