BERITA UTAMA

Tutup Rakor Keuangan BPK, Wakil Ketua: BPK Harus Jadi Role Model

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono menutup secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Keuangan Tahun 2020, bertempat di Auditorium Kantor Pusat BPK di Jakarta, Jumat (14/02).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa Rakor yang dilaksanakan selama empat hari ini dapat ditindaklanjuti lagi dengan koordinasi teknis untuk membahas lebih lanjut.

"Rakor ini terselenggara dengan baik, mudah-mudahan rakor ini ditindaklanjuti lagi dengan koordinasi teknis untuk membahas lebih lanjut apa yang sudah disampaikan," ungkapnya pada penutupan rakor yang juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif dan para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

Terkait dengan pelaksanaan anggaran di BPK, Wakil ketua BPK berharap temuan BPK pada Kementerian Negara/Lembaga (di antaranya terkait aset maupun pengadaan barang/jasa) tidak terjadi di BPK. "Rekomendasi yang kita berikan seharusnya menjadi cermin bagi kita sendiri, sehingga kita tidak jatuh pada kesalahan yang sama," jelasnya.

"Atau kita dapat kesimpulan, bahwa permasalahan tersebut adalah permasalahan yang sama, sehingga regulasinya perlu diperbaiki," tambahnya. Terkait hal tersebut, Wakil Ketua menyatakan bahwa BPK bisa menyampaikan kepada Kementerian Negara/Lembaga terkait agar dapat memperbaiki regulasi terkait permasalahan yang ditemukan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua juga menegaskan bahwa BPK harus menjadi role model dari transparansi dan akuntabilitas dalam penyusunan laporan keuangan negara. Menurutnya, role model jangan sampai melakukan kesalahan yang sama dengan pihak yang akan mencontoh. Untuk itu diharapkan dalam penyusunan laporan keuangan BPK senantiasa melakukan perbaikan secara terus-menerus.

Seperti diketahui Rakor Keuangan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan BPK Tahun Anggaran 2019 (Unaudited). Selain itu Rakor ini juga bertujuan untuk membahas persiapan pelaksanaan anggaran Tahun 2020 serta Paparan Program Kerja dalam perencanaan dan penganggaran Tahun 2021.

Rakor ini dihadiri oleh seluruh Kepala Sekretariat Perwakilan, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaaan Keuangan Negara (Kabalai Diklat PKN), Kepala Sekretaiat Badiklat PKN, Pejabat Administrator, Pengawas dan Tim Penyusun Laporan Keuangan.

Bagikan konten ini: