BERITA UTAMA

BPK RI Bahas Kerjasama Bilateral dengan ANAO

Wakil Ketua BPK, Hasan Bisri, bersama Anggota II BPK RI, Sapto Amal Damandari, mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Australian National Audit Office (ANAO), 8 - 11 September 2014. Delegasi BPK yang diterima oleh Auditor-General Australia, Ian McPhee adalah untuk membahas tentang progress kerjasama bilateral antara BPK dan ANAO dalam kerangka Government Partnership Fund (GPF II), serta mendiskusikan rencana kegiatan untuk 2015 dan kerjasama selanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut delegasi BPK juga memaparkan tentang progress pemerintah dan internal BPK sendiri dalam mempersiapkan penerapan implementasi laporan keuangan berbasis akrual. Selain itu, melalui pertemuan ini, BPK menggali strategi yang diterapkan oleh ANAO dan Pemerintah Australia pada awal penerapan akuntansi berbasis akrual.

Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa kerjasama yang telah berjalan efektif selama hampir delapan tahun telah banyak menghasilkan manfaat, antara lain meningkatkan kapasitas pemeriksa BPK, baik di Kantor Pusat maupun di Perwakilan. BPK berharap kerjasama ini bilatteral ini tetap berlanjut dalam skema DFAT (Department of Foreign Affairs and Trade) atau AusAid lainnya, baik dalam bidang pemeriksaan keuangan maupun pemeriksaan kinerja.

Terkait dengan penerapan laporan keuangan berbasis akrual, Anggota BPK Sapto Amal Damandari menyampaikan bahwa BPK mendukung pemerintah dalam menerapkan pelaporan akuntansi berbasis akrual pada tahun 2015. Komunikasi dan koordinasi yang efektif telah dilakukan oleh instansi terkait yang melibatkan BPK, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri guna mewujudkan keberhasilan implementasi akrual.

Ian McPhee menyampaikan ANAO akan membantu yang diperlukan BPK dimasa mendatang. Terkait dengan implementasi akrual, Ian menyatakan bahwa dari sisi pemeriksa, ANAO menetapkan strategi pemeriksaan di awal penerapan akrual, termasuk prioritas pemeriksaan akun-akun pada laporan keuangan

Selain mengadakan pertemuan bilateral dengan ANAO, delegasi juga bertemu dengan Auditor-General Audit Office of New South Wales (AO NSW) di Sydney. Pada pertemuan ini delegasi sepakat untuk melanjutkan kerjasama di tahun 2015 dibawah payung GPF tahap II.

Delegasi BPK yang diketuai oleh Wakil Ketua BPK ini terdiri dari Anggota II BPK, didampingi oleh Tortama II, Slamet Kurniawan; Kepala Auditorat IIB, Laode Nusriadi; Kepala Sub Direktorat Litbang Pemeriksaan Keuangan, Dwi Sabardiana, Kepala Sub Auditorat Perwakilan Jawa Tengah, Kepala Sub Bagian Sekretariat Wakil Ketua, Aulia Rachmat, dan Kepala Sub Bagian Kerjasama Bilateral, Kusuma Ayu Rusnasanti.*(kar)

Bagikan konten ini: