BERITA UTAMA

Executive Workshop on Performance Audit batch I (Bali, 19-20 Desember 2016)

Ketua BPK Harry Azhar Azis membuka secara resmi Executive Workshop on Performance Audit batch I untuk eselon II yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 19-20 Desember 2016. Workshop ini merupakan rangkaian dari kegiatan Community on Practice Pemeriksaan Kinerja, kerjasama antara BPK RI dengan ANAO Australia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para Eselon II terhadap isu-isu yang berhubungan dengan perspektif strategis dan managerial dalam pemeriksaan kinerja.

Workshop batch 1 ini diikuti oleh 30 peserta eselon II dari kantor pusat maupun BPK perwakilan dan menghadirkan narasumber serta subject matter expert antara lain Staf Ahli Bidang BUMN, BUMD dan Kekayaan Negara/Daerah lain yang Dipisahkan lainnya Novy GA Pelenkahu, Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Pusat J. Widodo Hario Mumpuni, Senior Advisor ANAO Mr. Andrew Pope, Kepala Pusdiklat BPK RI Dwi Setiawan Susanto dan Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Yudi Ramdan Budiman.

Dalam workshop ini peserta membuat makalah secara kelompok dan mempresentasikannya sesuai dengan topik yang telah ditentukan yaitu Aspek Kepemimpinan dalam Penyusunan Rencana dan Strategi Pemeriksaan Kinerja, Penentuan Topik Pemeriksaan yang selaras dengan Renstra BPK dan Harapan Masyarakat, Dukungan SDM dan penganggaran yang kurang memadai dalam pemeriksaan Kinerja, Perubahan Perilaku dan Pola Pikir dalam Pemeriksaan Kinerja,Perumusan Penetapan Kriteria dalam Pemeriksaan Kinerja dan Pelaporan dan Rekomendasi dalam Pemeriksaan Kinerja.

Selain topik yang di paparkan oleh para peserta, terdapat juga sharing experience oleh Tortama Keuangan Negara VI Sjafruddin Mosii mengenai Dampak Pemeriksaan Kinerja Terhadap Kesejahteraan Umum yang berisikan success story pemeriksaan kinerja yang pernah dilakukan AKN VI yang memberi dampak pada perbaikan kebijakan publik seperti pemeriksaan kinerja BPOM dan BPJS Kesehatan. Kemudian dilanjutkan paparan Senior Advisor ANAO terkait perspektif ANAO dalam perencanaan dan pelaporan pemeriksaan kinerja dan paparan Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional tentang perspektif INTOSAI dalam pemeriksaan kinerja.

Sebagai hasil dari kegiatan ini, telah disusun action plan mengenai hal-hal yang perlu dilaksanakan dalam rangka pengembangan pemeriksaan kinerja di BPK. Sebagai moderator dalam pembahasan action plan ini adalah Staf Ahli Bidang BUMN, BUMD dan Kekayaan Negara/Daerah lainnya yang dipisahkan lainnya Novy GA Pelenkehu. Sebagai tindak lanjut kegiatan, diharapkan action plan ini dapat didiskusikan pada forum Eselon I dan disetujui oleh Badan.

Dalam pidato penutupan Executive Workshop on Performance Audit batch 1 ini, Anggota VI Bahrullah Akbar menyampaikan perspektif beliau mengenai pengembangan pemeriksaan kinerja BPK RI ke depan dan berharap bahwa peningkatan kompetensi para top manajemen di BPK dapat meningkatkan kualitas pemeriksaan kinerja yang berdampak bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Bagikan konten ini: