BERITA UTAMA

Ketua BPK Apresiasi Para Juara Festival Film Kawal Harta Negara

30 Agustus 2017

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerja sama dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau USAID (United States Agency for International Development) menyelenggarakan Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) 2017.

Hal ini sebagai wujud nyata mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar, pembuat film, dan komunitas kreatif di Indonesia untuk membuat film yang bercerita tentang produk, pencapaian, peran, dan fungsi BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan, BPK dalam melaksanakan tugas pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. “Kami mengajak masyarakat untuk membantu BPK menyebarluaskan mengenai pemahaman tugas dan wewenang BPK,” ungkap Ketua BPK dalam acara Malam Penganugerahan (Awarding Night), di Teater Kecil TIM, Jakarta, pada hari Selasa (29/8/2017).

Ketua BPK juga menyampaikan selamat kepada para pemenang dan mengapresiasi kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam FFKHN ini. “Saya sangat bangga mendengar respon yang sangat baik atas upaya sosialisasi yang didukung oleh USAID ini,” ungkapnya.

Harapannya festival film ini tidak berhenti tahun ini, namun akan diselenggarakan dan ditingkatkan pada tahun mendatang. Karena itu, FFKHN menjadi salah satu strategi public awareness campaign yang dikembangkan BPK melalui media publikasi film sebagai upaya penyebaran informasi, pendidikan, dan hiburan.

Dari kompetisi pengiriman karya film, panitia FFKHN menerima 176 karya film peserta di berbagai wilayah di Indonesia. Setelah proses penjurian, terpilih 23 film yang menjadi nominasi. Pemenang merupakan hasil seleksi para juri yang terdiri dari tim BPK dan USAID bersama sutradara Slamet Rahardjo Djarot, Helmy Yahya selaku profesional, sutradara Danial Rifki, Dewi Laila Sari (NET TV), serta penulis dan kritikus film Totot Indrarto.

Selain Ketua BPK, acara ini juga dihadiri oleh Anggota V BPK, Ismayatun, Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan, pejabat dan pelaksana di lingkungan BPK, serta para juri dan undangan.

Berikut daftar para pemenang Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) 2017:

http://www.bpk.go.id/news/bpk-umumkan-karya-film-terbaik-bertema-kawal-harta-negara