BERITA UTAMA

Perkuat Kerja Sama Bilateral, BPK dan National Audit Office of China (CNAO) Bahas Peran Lembaga Audit dalam Pemberantasan Korupsi dan Pemeriksaan atas BUMN

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, CA., CPA. menerima kunjungan delegasi National Audit Office of China (CNAO) yang dipimpin oleh Deputy Auditor General, Mr. Chen Chenzhao pada 1 November 2018 di Kantor Pusat BPK, Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua BPK mengapresiasi hubungan persahabatan antara kedua institusi yang telah terjalin selama kurang lebih sembilan tahun sejak penandatanganan MoU pada Mei 2009. Kerja sama bilateral tersebut telah memainkan peran penting dalam peningkatan kapasitas pemeriksaan melalui pertukaran informasi dan pengalaman di kedua institusi.

Baik BPK maupun CNAO juga turut aktif berpartisipasi dalam berbagai forum kerja sama internasional. BPK saat ini tercatat sebagai Ketua INTOSAI WGEA, sedangkan CNAO merupakan Ketua ASOSAI WGEA. Untuk itu kedepannya, kedua institusi diharapkan dapat memperluas area kerja sama khususnya terkait dengan bidang Pemeriksaan Lingkungan.

Masih dalam rangkaian kegiatan kunjungan tersebut, agenda pertemuan antara BPK dan CNAO dilanjutkan dengan sesi diskusi eksekutif mengenai Peran SAI dalam Pemberantasan Korupsi dan Pemeriksaan atas BUMN. Bertempat di Ruang Rapat Konsultasi, kegiatan diskusi secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua BPK, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A., C.M.P.M., dengan didampingi oleh Anggota I BPK, Dr. Agung Firman Sampurna, S.E., M.Si. dan Anggota II BPK, Dr. Agus Joko Pramono,
M.Acc., Ak., CA.

Membuka sesi diskusi, Wakil Ketua BPK memberikan penekanan pada pentingnya komitmen dan semangat yang kuat dari kedua institusi dalam upaya pemberantasan korupsi serta peran strategis kedua institusi dalam melakukan pemeriksaan atas BUMN sebagai salah satu aspek penting dalam perekonomian nasional.

Wakil Ketua BPK juga menyampaikan harapannya agar diskusi eksekutif yang dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi Pratama dan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan BPK tersebut dapat memberikan manfaat positif bagi peningkatan kapasitas pemeriksaan serta makin mempererat hubungan bilateral kedua institusi.

Selain melakukan kunjungan dan menyelenggarakan diskusi eksekutif di Kantor Pusat BPK di Jakarta, delegasi CNAO juga dijadwalkan untuk melakukan kunjungan ke Perwakilan Provinsi Jawa Barat untuk membahas pemeriksaan yang dilakukan oleh kantor perwakilan BPK.

Bagikan konten ini: