BERITA UTAMA

Pertemuan ke-9 INTOSAI Working Group on Key National Indicators (WGKNI) in Tsaghkadzor, Armenia

BPK menghadiri pertemuan ke-9 INTOSAI Working Group on Key National Indicators (WGKNI) in Tsaghkadzor, Armenia pada 26-28 April 2016. Delegasi BPK dipimpin oleh Anggota BPK, Prof. Eddy Mulyadi Soepardi, didampingi oleh Kaditama Revbang, Bahtiar Arif.

Pertemuan yang dihadiri oleh 37 peserta dari 14 SAI tersebut dibuka oleh Ishkhan Zakaryan, Ketua SAI Armenia (the Republic of Armenia Control Chamber). Dalam pidatonya, Zakaryan menekankan pentingnya pertemuan untuk meningkatkan Indikator National Utama (Key National Indicators/KNI) Armenia dan meningkatkan pemeriksaan strategis SAI Armenia untuk mengatasi permasalahan sistemik yang dihadapi oleh pemerintah Armenia. Sebagai ketua WGKNI, Tatiana Manuylova, anggota SAI Rusia (Accounts Chamber of the Russian Federation) dalam pidato sambutannya menunjukkan pentingnya indikator nasional utama dalam kaitannya dengan kepentingan dunia atas tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan perkembangan terkini dari Rencana Kerja INTOSAI WGKNI dan kemungkinan tema bagi Rencana Kerja 2017. BPK mendapat kesempatan untuk mempresentasikan penggunaan KNI terkini di Indonesia serta peran pemeriksaan BPK untuk meningkatkan KNI. Beberapa hasil penting dari pertemuan tersebut yaitu: 1) pengesahan Rencana Kerja WGKNI 2016; 2) persetujuan atas konsep kedua petunjuk KNI; dan 3) SAI Brazil sebagai tuan rumah pertemuan WGKNI ke-10 pada tahun 2017.

Bagikan konten ini: