BERITA UTAMA

Sharing Pentingnya Penguatan Quality System pada Penutupan ADB Workshop untuk 8 Negara ASEAN

05 Oktober 2017

Prof. Dr. Bahrullah Akbar menutup secara resmi ADB Workshop yang dihadiri 8 Badan Pemeriksa di ASEAN. Workshop ini diselenggarakan selama 3 hari (3 s.d. 5 Oktober 2017) di Jakarta. Selama workshop para auditor belajar dan berbagi pengalaman mengenai penerapan international standard untuk pemeriksaan keuangan.

Dalam pidato penutupannya, Wakil Ketua BPK, Prof. Dr. Bahrullah Akbar menjelaskan pentingnya penguatan kualitas audit pada Badan-badan Pemeriksa untuk memastikan lembaga audit menyediakan informasi dan penilaian independen tentang bagaimana dana publik digunakan dan dikelola. Untuk itu, kepatuhan terhadap standar pemeriksaan menjadi sesuatu yang harus ditegakkan oleh para auditor dan harus didukung pula dengan penguatan kapasitas organisasi.

​BPK sebagai salah satu badan pemeriksa yang ada di regional ASEAN telah mengembangkan penguatan quality system untuk mendorong kualitas audit. Diantaranya, penerapan Quality Management System (ISO 9001), Risk Management (ISO 31000), dan Anti Bribery Management System (ISO 37001).

Wakil Ketua BPK mengharapkan hasil workshop penguatan implementasi International Standard of Supreme Audit Institution (ISSAI) akan ditindaklanjuti oleh masing-masing badan-badan pemeriksa di negara ASEAN sebagai upaya penguatan lembaga pemeriksa pada sektor publik.