BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Paparkan Sistem Pengawasan Keuangan Negara

25 November 2017

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar menyampaikan kuliah umum kepada Resimen Mahasiswa dalam Kursus Kader Pelaksana Nasional (SUSKALAKNAS) Resimen Mahasiswa Indonesia Angkatan VIII Tahun Anggaran 2017 pada Sabtu (25/11) di Wingdiktekkal Kodiklatau, Kalijati, Subang, Jawa Barat.

Kuliah Umum yang disampaikan Wakil Ketua mengusung tema “ Kebijakan dan Sistem Pengawasan Keuangan Negara”.

Di hadapan sekitar 90 orang peserta Resimen Mahasiswa dari perguruan tinggi se-Indonesia, Wakil Ketua BPK memaparkan mengenai kedudukan, tugas, fungsi dan wewenang BPK dalam sistem pengawasan keuangan Negara.

Dalam kaitannya dengan akuntabilitas publik, pengawasan merupakan salah satu cara untuk membangun dan menjaga legitimasi warga masyarakat terhadap kinerja pemerintahan dengan menciptakan suatu sistem pengawasan yang efektif, baik pengawasan intern (internal control) maupun pengawasan ekstern (external control). Di samping mendorong adanya pengawasan masyarakat (social control).

BPK merupakan satu lembaga negara yang bebas dan mandiri dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawabkeuangan negara.

v

BPK memiliki peran memastikan pengelolaan keuangan negara dapat mewujudkan tujuan negara, yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. “BPK mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas,” kata Wakil Ketua.

Kuliah umum ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada publik khususnya akademisi mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK serta tentang keuangan negara. Selain itu, diharapkan juga dapat menjalin dialog yang positif antara BPK dengan masyarakat sebagai langkah awal bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.