BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Memberikan Presentasi dalam Pertemuan Ke-5 INTOSAI WGBD

Jakarta, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai Ketua Research Project on Auditing Technology Innovation diundang untuk memberikan presentasi dalam Pertemuan ke-5 International Organization of Supreme Audit Institution Working Group on Big Data Audit (INTOSAI WGBD), pada Rabu, 29 September 2021.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan secara virtual ini, Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono sebagai Ketua Delegasi dari BPK menyampaikan introductory speech terkait status project yang dipimpin oleh BPK. Dalam sambutannya, Wakil Ketua mengatakan bahwa hasil dari research project menunjukkan penggunaan big data pada sebagian besar Supreme Audit Institutions (SAI) masih terbatas pada introductory phase of implementing big data analytics. Namun, beberapa SAI telah menggunakan big data untuk menjadikan audit lebih efisien dan efektif.

Paparan BPK dilanjutkan oleh Kepala Bagian Dukungan Pemeriksaan dan Manajemen Kinerja Biro TI, Pingky Dezar Zulkarnain. DI akhir presentasi, disampaikan rekomendasi dari research project ini yaitu mendesign Big Data Governance Framework diperlukan untuk membantu SAI memanfaatkan Big Data.

Perwakilan BPK dalam pertemuan tersebut meliputi tim dari Biro Teknologi Informasi termasuk Kepala Biro Teknologi Informasi Pranoto, Kepala Bagian Opersional TI Novis Pramantyabudi, dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Internasional Selvia Vivi Devianti, Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Kusuma Ayu Rusnasanti dari tim dari Biro Humas dan Kerjasama Internasional.

Pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 95 peserta tersebut, dibuka oleh SAI Republik Rakyat Tiongkok sebagai Ketua dan SAI Amerika Serikat sebagai Wakil Ketua INTOSAI WGBD.

Pada sesi berbagi pengalaman, sebanyak 10 SAIs memberikan paparannya tentang quality control in the context of big data auditing sesuai dengan topik pertemuan kali ini. SAI Estonia memberikan paparan tentang Data Quality-Lesson Learnt from COVID-19 Monitoring Project yang dapat menjadi bahan pembelajaran bagi SAIs lainnya dalam hal pemanfaatan big data untuk audit COVID-19.

Sementara itu perwakilan dari African Organization of English-speaking Supreme Audit Institutions (AFROSAI-E) memberikan paparan yang berjudul AFROSAI-E's Development for Making SAIs more Data-Driven yang memberikan gambaran perkembangan penggunaan big data pada dalam audit oleh SAIs di wilayah Afrika.

Peran BPK sebagai ketua research project on auditing technology innovation ini menunjukkan kepercayaan komunitas INTOSAI WGBD kepada BPK dalam bidang big data. Melalui sesi berbagi pengalaman, BPK juga memperoleh ilmu pengetahuan dan praktik terbaik yang dilakukan oleh SAIs untuk memanfaatkan big data dalam audit mereka.

Berbagai pengetahuan dan pengalaman tersebut dapat semakin menambah kemampuan BPK sekaligus membekali BPK untuk menjadi pelopor pengguna big data dalam audit baik dalam komunitas nasional maupun internasional.

Bagikan konten ini: