BERITA UTAMA

BPK Berbagi Pengalaman kepada Peserta Kongres Internasional (INCOSAI)

26 September 2019

MOSCOW, Humas BPK - Anggota II Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono mewakili BPK mempresentasikan pengalaman BPK pada Information and Tecnology (IT) for Development of Public Administration bersama dengan Ketua SAI China, Meksiko, Estonia, Amerika Serikat, Uni Emirates Arab dan World Bank.

Pengalaman tersebut disampaikan BPK pada kongres internasional organisasi badan pemeriksa keuangan sedunia (International Congress of the International Organizations of Supreme Audit Institutions / INCOSAI) XXIII yang diselenggarakan di Moscow, Russia, pada Senin s.d. Jumat (23 - 27 September 2019).

INCOSAI merupakan ajang pertemuan tiga tahunan badan pemeriksa keuangan (Supreme Audit Institution / SAI) anggota organisasi badan pemeriksa keuangan sedunia (INTOSAI) yang bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait isu terkini.

INCOSAI XXIII mengangkat 2 tema yaitu Tema I ”Information technology for the development of public administration dan Tema II “The role of SAIs in the achievement of national priorities and goals.

Dalam keikutsertaan di INCOSAI XXIII ini, BPK diundang untuk menjadi panelis pada sesi pleno (Plenary Session)mengenai Information technology for the development of public administration yang diselenggarakan pada Kamis (26/9/2019).

Pada kesempatan tersebut Anggota BPK memaparkan tentang peranan IT dalam mendukung administrasi publik, e-government di Indonesia dan pengalaman BPK dalam melakukan analisa Big Data.

Selain itu, di hari ke-2 penyelenggaraan INCOSAI, BPK juga melakukan pertemuan bilateral dengan SAI Iran. Pertemuan bilateral Anggota V BPK Isma Yatun dengan Ketua SAI Iran, Adel Azar tersebut membahas tentang progres implementasi kerja sama bilateral yang sudah dilakukan.

Dari hasil pertemuan tersebut, disepakati bahwa SAI Iran akan berkunjung ke BPK pada bulan November 2019 untuk menghadiri The 7th Joint Seminar.

Anggota V BPK juga melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua SAI Ceko Miloslav Kala. Dalam pertemuan tersebut, SAI Ceko menyampaikan bahwa SAI Ceko akan menjadi Ketua organisasi badan pemeriksa keuangan se-Eropa (EUROSAI) pada 2020. Salah satu program yang akan dilakukan sebagai Ketua EUROSAI adalah program Benchmarking Information Exchange Projects (BIEP).

BIEP merupakan skema kerja sama antar SAI melalui kegiatan berbagi ide dan pengalaman dalam menggunakan metodologi audit yang sama yang bertujuan untuk membandingkan Key Performance Indicator (KPI) dan kondisi tertentu dari berbagai negara. SAI Ceko menawarkan BPK untuk bergabung dalam BIEP tersebut.