BERITA UTAMA

BPK Menjadi Pembicara dalam Seminar ARABOSAI terkait Big Data

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) berkesempatan membagikan pengetahuan dan pengalaman terkait Data Analytics Guideline di Seminar bertajuk "Big Data and its Impact on Reports" yang diadakan secara virtual oleh Arab Organization of Supreme Audit Institutions (ARABOSAI) pada Selasa (20/1). Undangan ini diberikan kepada BPK selaku ketua proyek Data Analytics untuk INTOSAI Working Group on Information Technology Audit (WGITA) rencana kerja periode 2017-2019 yang telah menghasilkan produk berupa Data Analytics Guideline.

Bersama dengan Anindya Dasgupta dari badan pemeriksa keuangan (Supreme Audit Institutions/SAI) India selaku Sekretariat WGITA, Pingky Dezar Zulkarnain (Kepala Subbagian Pengelolaan Infrastruktur dan Jaringan pada Biro Teknologi Informasi) memaparkan isi dokumen guideline yang telah tersedia untuk umum di Portal Komunitas INTOSAI. Selain itu, Pingky mencontohkan penggunaan data analytics dalam pemeriksaan yang dilakukan BPK, di antaranya pemeriksaan kinerja atas efektivitas penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, pemeriksaan kepatuhan terhadap Sistem e-Katalog, Pemeriksaan Laporan Keuangan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, dan pemeriksaan komprehensif berbasis risiko terhadap penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Pingky juga menyampaikan bahwa seiring dengan meningkatnya kebutuhan terhadap analisis big data dan data analytics untuk mendukung pemeriksaan, BPK merekrut pegawai dari internal BPK untuk memperkuat tim analisis data dan informasi pada fungsi Data Engineering dan Data Science dengan keahlian di bidang Matematika dan Statistik.

Paparan BPK mendapat respon positif dari sekitar 40 peserta seminar yang berasal dari kawasan Arab. Hal yang menarik perhatian peserta terutama terkait pengalaman BPK menggunakan data analytics untuk membantu auditor menyelesaikan tugas pemeriksaan. Beberapa pertanyaan yang diajukan kepada BPK termasuk aplikasi/tools yang digunakan, metode yang dilakukan untuk data error dan memvalidasi data, serta penggunaan machine learning di BPK.

Seminar ARABOSAI "Big Data and its Impact on Reports" diselenggarakan pada 18-22 Januari 2021 untuk para praktisi TI di lingkup badan pemeriksa keuangan di kawasan Arab. Dengan SAI Sudan sebagai tuan rumah penyelenggara, seminar virtual ini menghadirkan berbagai pakar big data dan data analytics dari University of Khartoum, Telecom and Postal Regulatory Authority of Sudan, Australia, AFROSAI-E, SAI India, BPK, dan SAI Norwegia. Partisipasi BPK dalam kegiatan ini turut mendukung misi BPK dalam mengeksternalisasikan pengetahuan dan pengalamannya di dunia internasional serta mencetak pool of experts dalam bidang-bidang tertentu di BPK.

Bagikan konten ini: