BERITA UTAMA

BPK Perwakilan Provinsi Sumbar Terima Kunjungan Kerja DPD RI

PADANG, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat menerima Kunjungan Kerja Komite IV Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD) di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sumbar, di Padang, pada Senin (23/11). Kunjungan Kerja ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait hasil pemeriksaan BPK Semester I Tahun 2020 terkait dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), baik pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, maupun pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumbar, Yusnadewi menyampaikan beberapa hal mengenai hasil pemeriksaan BPK Semester I Tahun 2020 terkait dengan pengelolaan keuangan daerah di wilayah pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Sumbar.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumbar juga menginformasikan tentang tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK atas temuan hasil pemeriksaan dan hal-hal yang terkait dengan Pemantauan Penyelesaian Ganti Kerugian Negara/Daerah pada Pemerintah Daerah Sumatera Barat pada Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut, Yusnadewi juga mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumbar telah menyajikan laporan keuangan secara wajar sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Namun, masih terdapat permasalahan-permasalahan yang masih memerlukan perbaikan.

"Dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam tiga tahun terakhir, masih terdapat permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan keuangan yang masih memerlukan perbaikan," ungkapnya.

Dengan pertemuan ini, diharapkan Komite IV DPD RI sebagai alat kelengkapan DPD RI yang bertanggungjawab dalam berbagai isu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN), Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, Perpajakan, Pengelolaan Kekayaan Negara dan Daerah yang Dipisahkan, dapat memanfaatkan hasil pemeriksaan BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Selain Kepala Perwakilan, Kunjungan Kerja DPD RI tersebut juga dihadiri oleh Kepala Auditorat Pengelolaan Pemeriksaan Keuangan Negara V BPK, Novie Irawati Herni Purnama serta pejabat struktural di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumbar. Sementara itu, dari Komite IV DPD RI hadir di antaranya Wakil Ketua Komite IV DPD RI,Elviana, Wakil Ketua Komite IV DPD RI,Novita Anakotta, dan beberapa Anggota Komite IV DPD RI.

Bagikan konten ini: