BERITA UTAMA

BPK Tekankan Pentingnya Pengelolaan Barang Milik Negara

JAKARTA, Humas BPK - Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I, Hendra Susanto menekankan pentingnya pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dalam pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Anggota BPK mengatakan, beberapa hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK terkait pengelolaan BMN menemukan beberapa permasalahan yang berulang tiap tahunnya.

"Permasalahan pengelolaan aset tetap yang berulang di antaranya, pemanfaatan BMN oleh pihak lain belum sesuai ketentuan, pencatatan BMN yang tidak akurat, dan BMN belum didukung bukti kepemilikan yang sah," ungkap Anggota BPK dalam webinar Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (8/9).

Hal tersebut menunjukkan, masih terdapatnya kelemahan pada beberapa aspek pengelolaan BMN yang masih perlu penanganan lebih optimal.

Pada kegiatan virtual yang dibuka oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi itu, Anggota BPK menekankan agar Menteri Perhubungan beserta jajarannya menerapkan rekomendasi hasil pemeriksaan secara konsisten, tidak hanya pada satuan kerja terkait dalam Temuan Pemeriksaan, namun juga memantau penerapan aspek yang sama di seluruh satuan kerja di Kementerian Perhubungan.

Menurutnya, peningkatan kualitas pengelolaan BMN sampai kepada seluruh satuan kerja adalah hal penting dan mutlak dilakukan, sehingga di tahun mendatang, permasalahan pengelolaan BMN yang berulang tidak terjadi lagi.

Lebih lanjut, Anggota BPK menyebutkan, bahwa penyajian nilai BMN yang tidak akurat dalam neraca dapat mempengaruhi pertimbangan penetapan opini atas Laporan Keuangan. Oleh karena itu, seluruh BMN yang dikuasai Kemenhub perlu untuk dikawal dengan Sistem Pengendalian Intern yang kuat.

"Permasalahan yang nilainya besar/material dapat mempengaruhi penyajian akun-akun terdampak pada Laporan Keuangan. Hal ini perlu diperhatikan, karena Kementerian Perhubungan menguasai aset tetap dengan jumlah yang sangat banyak dengan nilai yang sangat material," jelasnya.

Selain Anggota BPK, kegiatan yang diikuti oleh para pejabat dan pelaksana di lingkungan Kementerian Perhubungan tersebut juga menghadirkan Auditor Utama Keuangan negara I BPK, Novy G. A. Pelenkahu sebagai narasumber.

Kegiatan webinar ini merupakan sarana untuk perbaikan proses pengelolaan BMN pada seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Bagikan konten ini: