BERITA UTAMA

Delegasi BPK Memimpin Sesi Sustainable Transport pada Pertemuan Hari Kedua WGEA Assembly Ke-20

JAKARTA, Humas BPK - Delegasi Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) bersama dengan lembaga pemeriksa (Supreme Audit Institution/SAI) dari Tiongkok dan Thailand memoderatori agenda pertemuan pada hari ke dua The INTOSAI Working Group on Enviromental Audit (WGEA) Assembly ke-20 tentang sustainable transport. Agenda hari ke dua ini mencakup pembahasan tiga Work Package utama dalam Rencana Kerja WGEA periode 2020-2022 yaitu plastic waste, climate finance, dan sustainable transport yang dilaksanakan secara daring, pada Rabu (20/01/2021).

Pada sesi ini yang diikuti oleh 140 peserta ini menghadirkan narasumber dari SAI Finlandia, European Court of Auditors (ECA), SAI Republik Ceko, dan SAI India.

Delegasi BPK yang diwakili oleh Pemeriksa pada Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) IV, Pitriyanti memaparkan mengenai kemajuan terkait penyusunan Guidance for Sustainable Transport yang konsep pertamanya telah dikirimkan ke Sekretariat WGEA untuk dimintakan masukan lebih lanjut.

Pada presentasinya, delegasi BPK juga menjelaskan beberapa poin penting terkait hasil mini survey yang diikuti oleh anggota WGEA seperti tantangan terbesar untuk mewujudkan Sustainable Transport yaitu aspek policy serta instrument kebijakan yang dinilai paling efektif dalam mewujudkan Sustainable Transport yang berupa kebijakan terkait energy efficiency.

Selain itu, pembicara dari SAI Finlandia berbagi pengalaman mengenai kaitan antara jaringan transportasi dengan pengelolaan lifecycle. Pembicara dari ECA berbagi terkait masalah-masalah terkait transportasi perkotaan, tindakan yang diambil oleh Negara Uni Eropa terkait masalah tersebut serta tantangan yang dihadapi oleh otoritas local dalam memberikan solusi terkait masalah tersebut.

Sementara itu, SAI Republik Ceko menyampaikan beberapa hasil audit terkait penggunaan listrik sebagai energy pada transportasi publik. SAI India berbagi terkait audit atas implementasi Smart Cities sebagai salah satu solusi untuk Sustainable Transport melalui peningkatan efisiensi, kualitas hidup, serta pertumbuhan ekonomi lokal.

Hasil sesi tersebut selanjutnya dilaporkan pada sesi diskusi panel yang dimoderasi oleh David Le Blanc dari UNDESA. Pada diskusi panel ini, delegasi BPK diwakili Pemeriksa pada AKN IV Normas Andi Ahmad bersama dengan Mark Gaffigan dari Amerika Serikat selaku perwakilan Work Package on Climate Finance, dan Manish Kumar dari India selaku perwakilan Work Package on Plastic Waste mendiskusikan keterhubungan antar ketiga proyek tersebut terutama dalam kerangka pencapaian Sustainable Development Golas (SDGs).

Dengan terlibat aktif dalam pertemuan WGEA hari ke dua ini, selain memiliki kesempatan untuk berbagi pengetahuan terkait sustainable transport, diharapkan BPK juga akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk belajar mengenai dua topik besar lainnya yaitu climate finance dan plastic waste terutama terkait keterhubungannya dengan pencapaian SDGs.

Bagikan konten ini: