BERITA UTAMA

Ketua BPK Apresiasi Upaya BPKP Tingkatkan Kompetensi Pimpinan APIP

JAKARTA, Humas BPK - Untuk memperkuat dan menunjang efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI), maka dilakukan pengawasan intern atas penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah, termasuk akuntabilitas keuangan negara. Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna dalam kegiatan Seminar Grand Launching of Certified Government Chief Audit Executive (CGCAE), di Kantor Pusat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Jakarta, Senin (30/11).

Agung Firman mengatakan, setiap pimpinan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) wajib memahami dan mampu memberikan jaminan (assurance) dan petunjuk (advice) secara independen dan objektif, terhadap implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

"Berhasil tidaknya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), tergantung pada kompetensi pimpinan dalam mengimpelementasikan lingkungan pengendalian secara menyeluruh," ungkap Ketua BPK pada kegiatan yang juga dilaksanakan secara virtual tersebut.

Selain menyampaikan keynote speech, pada kesempatan tersebut Ketua BPK juga menerima Gelar Kehormatan CGCAE (recognition programme). Gelar tersebut secara simbolis diberikan langsung oleh Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh Ketua BPK.

Selain Ketua BPK, Gelar Kehormatan CGCAE (recognition programme) juga diberikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Sumiyati.

Atas penyelenggaraan kegiatan tersebut, Ketua BPK dalam kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi kepada BPKP. Menurutnya, kegiatan ini adalah wujud komitmen BPKP untuk meningkatkan kompetensi bagi pimpinan APIP dalam rangka tata kelola keuangan negara yang lebih transparan dan akuntabel untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sementara itu, Kepala BPKP dalam sambutannya mengatakan, APIP dituntut untuk menghasilkan laporan pengawasan yang berkualitas dan berdampak bagi pengambilan kebijakan pemerintah. Namun, APIP kerap kali berhadapan dengan isu peningkatan kompetensi dan kapabilitas.

Oleh karena itu, peningkatan kapabilitas yang dilakukan melalui sertifikasi adalah jawaban bagi tantangan tersebut, salah satunya Certification of Government Chief Audit Executive (CGCAE) bagi pimpinan APIP. Melalui sertifikasi ini, para pimpinan APIP yang berlatar belakang nonaudit akan dibekali kemampuan untuk berpikir holistik agar bisa memfokuskan SDM APIP yang memberikan value kepada manajemen.

Bagikan konten ini: