BERITA UTAMA

Ketua BPK Hadiri UN Panel of External Auditors

Santiago, Humas BPK – Sebagai pimpinan delegasi BPK dan sebagai Vice Chair UN Panel of External Auditors, Isma Yatun menghadiri Pertemuan Panel Auditor Eksternal PBB ke-62 (the 62nd Regular Session of the Panel of External Auditors of the United Nations, the Specialized Agencies and the International Atomic Energy Agency) yang berlangsung pada 28-29 November 2022. Pertemuan dilaksanakan secara hybrid di kantor Economic Commission for Latin America and the Caribbean (ECLAC) PBB di Santiago, Chile.

Pertemuan tahunan Panel Auditor Eksternal PBB bertujuan untuk berbagi pengalaman dan masukan untuk meningkatkan pengelolaan kinerja dan keuangan di lingkungan lembaga-lembaga PBB. Selama dua hari, anggota Panel mengagendakan pembahasan isu keuangan, manajemen, perubahan lingkungan dan digital berdasarkan hasil diskusi pertemuan Tim Teknis sebelumnya pada 23-25 November 2022. Isu-isu tersebut didiskusikan di dalam Panel sebagai dasar penyusunan rekomendasi UN Panel kepada Sekretaris Jenderal PBB. Pertemuan Tim Teknis ke-38 (the 38th Meeting of the Technical Group) berlangsung secara hybrid dari gedung ECLAC PBB, Santiago. Dalampertemuan tersebut, BPK dipimpin oleh Yudi Ramdan Budiman, selaku Co convener TG Meeting dan Adinda Aan Fertina, Kepala Subbagian Kerja Sama Multilateral. BPK memaparkan dua isu penting yaitu The Readiness of IPSAS 41 (Financial Instruments) Implementation in UN Organizations dalam isu keuangan oleh pemeriksa internasional BPK, Cipto Nugroho dan A Systematic and Consistent Application of Corporate Knowledge Management (CKM) dalam isu Manajemen oleh Fitriyah.

Selama TG meeting dan UN Panel, sebagai Vice Chair dalam UN Panel dan sebagai Co-covener dalam TG Meeting, BPK membantu kelancaran pertemuan yang diikuti 11 SAI anggota Panel. SAI yang hadir yaitu SAI Chile, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Filipina, Swiss, Rusia dan Inggris, hadir dalam pertemuan UN Panel secara langsung di kantor ECLAC PBB di Santiago. Sedangkan SAI Ghana hadir secara virtual. Ketua BPK didampingi oleh Sekretariat Jenderal, Bahtiar Arif, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Yudi Ramdan Budiman, Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Kusuma Ayu Rusnasanti.

Bagikan konten ini: