BERITA UTAMA

Peringatan HUT ke-77, BPK Bersatu untuk BPK Lebih Hebat

JAKARTA, Humas BPK - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memperingati ulang tahunnya yang ke-77 dengan melaksanakan upacara di kantor pusat BPK, di Jakarta, Rabu (17/1). Upacara juga dilakukan di seluruh kantor BPK Perwakilan diikuti seluruh pejabat dan pelaksana BPK.

Dalam pidato upacara, Ketua BPK Isma Yatun berpesan agar momen istimewa ini menjadi kesempatan baik untuk mengevaluasi dan merefleksikan yang telah dilakukan serta menyiapkan rencana ke depan untuk perbaikan. Sebab, perjalanan yang telah dilalui BPK selama 77 tahun tidaklah mudah.

"Dibutuhkan keberanian, semangat, kekuatan, dan ketekunan, yang hanya dapat diwujudkan melalui komitmen dan dedikasi insan BPK untuk senantiasa mempertahankan standar dan kualitas tertinggi dalam menjalankan mandat dengan berlandaskan tiga nilai utama BPK, independensi, integritas, dan profesionalisme," ujar Ketua BPK.

Lebih lanjut, selaras dengan tema peringatan HUT ke-77 "BPK Satu, BPK Hebat", Ketua BPK menekankan bahwa integrasi dan sinergi seluruh insan BPK adalah fondasi utama keberhasilan BPK untuk terus bertumbuh dan menginspirasi.

Di era yang terus berubah ini, Ketua BPK menambahkan, kemampuan BPK untuk menjawab tantangan akan menjadi kunci sukses dalam pengembangan organisasi. Oleh karena itu, diperlukan komitmen dan upaya yang konsisten dari seluruh insan BPK.

"Saya yakin, dengan kesatuan komitmen dan upaya yang konsisten dari seluruh insan BPK, kita mampu menghadapi segala tantangan dan mewujudkan tujuan bersama," tegasnya.

Selama 77 tahun perjalanan BPK dalam melaksanakan amanat konstitusi untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, BPK terus berupaya meningkatkan kualitas dan manfaat pemeriksaan untuk meningkatkan kontribusi dalam pencapaian tujuan negara.

Selain melakukan penyelamatan uang dan aset negara, torehan prestasi BPK juga terukir di kancah internasional. Capaian membanggakan tersebut antara lain, terpilihnya BPK sebagai tuan rumah International Congress of Supreme Audit Institutions (INCOSAI) ke-26 pada tahun 2028 dan menjadi Ketua Organsasi BPK se-dunia atau INTOSAI periode 2028 hingga 2031 serta menjadi Head of Secretariat ASEANSAI periode 2024 hingga 2029.

"Ini merupakan refleksi atas kerja keras dan dedikasi insan BPK yang diapresiasi oleh stakeholders mancanegara," ucap Ketua BPK.

Upacara HUT ke-77 BPK ini diikuti oleh Wakil Ketua BPK, para Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara/Anggota BPK, serta pejabat dan pelaksana di lingkungan BPK Pusat, Badiklat PKN, dan BPK Perwakilan DKI.

Hadir pula dalam upacara tersebut di antaranya para pimpinan BPK periode sebelumnya dan pensiunan pegawai BPK yang tergabung dalam Persatuan Pasca Karya BPK (Pepaska).

Dirgahayu Badan Pemeriksa Keuangan

BPK Bersatu untuk BPK lebih Hebat

Bagikan konten ini: