BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Hadiri IDI Board Meeting Secara Virtual

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agus Joko Pramono sebagai anggota INTOSAI Development Initiative (IDI) Board menghadiri IDI Board Meeting yang diselenggarakan pada Rabu, 25 November 2020 secara virtual. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh IDI Board dua kali dalam setahun. Pertemuan ini membahas operational plan 2021, rencana anggaran tahun 2021, rencana implementasi IDI kedepannya, serta penunjukan anggota IDI Board.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa untuk operational plan 2021, IDI akan melanjutkan program-program yang telah disetujui pada Juni 2020, antara lain 4 program inisiatif (TAI, IMF partnership, 3D audits, pilot audit of shadow pandemic in Uganda) dan 5 program lintas sektor prioritas terkait COVID 19 (supporting SAIs to: prepare for the new normal, audit relevant to the new normal, enhance ICT and connectivity, leverage new technology, and communicate effectively using electronic media) serta melaksanakan kegiatan yang tertunda di tahun 2020 (PESA launch, Global Survey & Stocktaking, Exploring new round of GCP Tier 2, and Financial audit support in PASAI)

Untuk program baru yang akan dilaksanakan di tahun 2021, IDI akan memberikan dukungan holistik jangka panjang untuk SAI Gambia, termasuk audit penggunaan dana COVID 19, sebagai bentuk implementasi dukungan bilateral IDI serta implementasi IDI Gender Strategy.

Selain hal-hal tersebut, pertemuan ini juga membahas pemilihan anggota IDI Board. Ase-Kristin Hemsen dan Kristin Amundsen disahkan menjadi anggota IDI Board untuk periode kedua mulai 1 Januari 2021 s.d. 31 Desember 2023. Lebih lanjut, Tsakani Maluleke, Auditor General of South Africa, juga ditetapkan menjadi anggota IDI Board menggantikan Kimi Makwetu untuk jangka waktu 26 November 2020 s.d. 25 November 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua BPK menyampaikan apresiasi atas capaian yang sudah dilakukan oleh IDI di tengah pandemi dan mendukung program kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2021. Terkait IDI Board Meeting berikutnya, anggota IDI Board sepakat untuk dilaksanakan secara virtual pada 25 Maret 2021.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara (Kaditama Revbang PKN), Bernadus Dwita Pradana, dan Kepala Subbagian INTOSAI, ASOSAI, dan ASEANSAI pada Biro Humas dan KSI BPK.

Bagikan konten ini: