BERITA UTAMA

Wakil Ketua BPK Isi Seminar ACFE Pencegahan Fraud dalam Percepatan Penanganan COVID-19

JAKARTA, Humas BPK - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Sabtu, 10 April 2021 menjadi narasumber pada acara Seminar Series dengan tema “Pencegahan Fraud dalam Percepatan Penanganan COVID-19” yang diadakan oleh Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia Chapter.

Dalam seminar tersebut, Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono menyampaikan sharing atas pemeriksaan komprehensif berbasis risiko atau risk based comprehensive audit atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam penanganan Pandemi COVID-19 yang dilakukan BPK pada Semester II Tahun 2020. Pemeriksaan yang dilakukan BPK tersebut di antaranya adalah pemeriksaan kinerja Penanganan Pandemi COVID‐19 pada Kementerian Kesehatan.

Agus Joko Pramono mengatakan, pemeriksaan tersebut ditujukan untuk mengetahui efektivitas penanganan pemerintah di bidang kesehatan melalui kegiatan testing, tracing, treatment, serta edukasi dan sosialisasi. Salah satu permasalahan yang ditemukan dari hasil pemeriksaan itu di antaranya belum optimalnya dukungan sistem informasi yang mampu meningkatkan koordinasi dan evaluasi pelaksanaan serta penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) testing dan tracing.

“Selain itu, Kementerian Kesehatan dalam menyampaikan pesan kunci perjalanan (travel advice) dalam rangka mengubah perilaku masyarakat juga belum memadai,” ungkap Wakil Ketua BPK dalam seminar yang dilaksanakan secara virtual tersebut.

Pemeriksaan kinerja atas efektivitas penanganan pandemi COVID‐19 bidang kesehatan Tahun Anggaran 2020 juga dilakukan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan instansi terkait lainnya. Beberapa temuan dalam pemeriksaan tersebut di antaranya terkait pengelolaan administrasi dan verifikasi klaim COVID-19 atas tagihan pelayanan kesehatan dari rumah sakit belum optimal. Tidak hanya itu, penyaluran biaya kepada fasilitas kesehatan (faskes) serta penatausahaan kepesertaan dan bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) juga belum optimal.

Terhadap berbagai temuan permasalahan tersebut, Wakil Ketua menjelaskan, bahwa BPK memberikan rekomendasi kepada Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan untuk ditindaklanjuti.

Selain Wakil Ketua BPK, seminar yang diikuti oleh sekitar 245 orang peserta tersebut juga menghadirkan narasumber lainnya, yaitu Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti. Seminar yang dibuka oleh Presiden ACFE Indonesia Chapter, Gatot Trihargo ini dimoderatori oleh Maliki Heru Santoso (ACFE Indonesia Chapter) dan Puti Aulia Rahma (Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan/PKMK Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM).

Bagikan konten ini: