PENGUMUMAN

Pemenang Lomba Menulis Blog "BPK Kawal Harta Negara"

15 Maret 2018

Badan Pemeriksa Keuangan telah menggelar lomba menulis blog dengan tema BPK Kawal Harta Negara. Kompetisi penulisan ini dimulai pada tanggal 27 November 2017 dan ditutup pada 12 Februari 2018, dengan jumlah pendaftar yang telah masuk sebanyak 315 orang.

“Kompetisi menulis blog ini untuk berbagi motivasi dan mengajak seluruh pihak untuk sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap bangsa dan Tanah Air sesuai dengan kompetensi yang kita miliki di bidang masing-masing,” ungkap Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, dalam sambutannya pada acara Kumpul Blogger Tanah Air dengan tema “Blogger Kawal Harta Negara”, pada Kamis, (15/3/2018) di Auditorium Kantor Pusat BPK.

Seleksi tulisan dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap seleksi administratif, penjurian internal dan penjurian eksternal. Penjurian internal dilakukan untuk melihat kesesuaian tulisan dengan tema dan pemahaman penulis tentang BPK serta validitas data. Pada tahap ini berhasil tersaring sebanyak 241 orang dengan 250 link tulisan.

Para juri yang terdiri dari Hery Trianto (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Zulfiani Lubis (Pemimpin Redaksi IDN Times), Roso Daras (wartawan senior), Aulia Halimatussadiah (Blogger & Chief Content Zetta Media), serta Gunarwanto (Kepala Direktorat Litbang BPK). Juri menilai kedalaman pesan dan dampak tulisan bagi publik, serta penyajian gaya bahasa, struktur dan sajian grafis pada tulisan. Pada tahap ini berhasil terpilih nominator 20 besar. Dari 20 besar tulisan ini telah ditetapkan 3 juara utama dan 3 juara favorit pilihan juri.

Zulfiani Lubis, mewakili para juri, mengungkapkan tulisan para blogger yang masuk dalam perlombaan umumnya dikerjakan dengan serius sehingga kualitasnya bagus. Para juri, katanya, juga serius dalam menyeleksi untuk memastikan bahwa semua tulisan yang memenuhi syarat telah dibaca dengan baik, tidak dengan asal-asalan.

“Sampai ada juri yang menjelang deadline harus mengurung diri di dalam hotel untuk memastikan semua tulisan dibaca dengan baik. Ini agar dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana kultur BPK,” tegasnya.

Menurut Zulfiani, ada beberapa pertimbangan yang diambil juri dalam menentukan pemenang:

  • Pertama, topik yang sesuai dan rujukan yang valid. Data yang disajikan harus valid yang mengacu dari data BPK.
  • Kedua, kreativitas dalam menulis. Juri memberikan nilai yang tinggi untuk kreativitas penulisan seperti pembuatan judul dan penyajian agar dapat diterima oleh audiens secara luas.
  • Ketiga, usaha atau effort yang ditempuh untuk memperkaya tulisan. Zulfiani memberikan contoh ada peserta yang mengunjungi museum BPK untuk bisa memperoleh informasi lebih dalam mengenai perjalanan peran BPK dalam mengawal harta negara.

Juri telah memutuskan pemenang lomba yakni:

Juara I Alexander Arie Sanata Darma
Juara II Yesi Hendriani Supartoyo
Juara III Lalu Alfian Rifa’i
Juara Favorit I Lalu Alfian Rifa’i
Juara Favorit II Bayu Satria Utama
Juara Favorit III Saiful Rijal Yunus

Panitia mengucapkan selamat kepada pemenang lomba dan menyampaikan terima kasih kepada semua blogger yang telah berpartisipasi dalam kompetisi menulis blog kali ini.